Wednesday, March 21, 2012

Ambon Kaya Lokasi Wisata


KOTA Ambon sering dijuluki kota ‘Manise’. Ini memang pantas berlaku karena kondisi alam kota ini yang indah. Tak heran jika Ambon, menjadi bagian dari serambi pintu wisata Timur Indonesia.
Mengenal sejarah Kota Ambon, wisatawan bisa mengunjungi Benteng Niew Victoria yang dahulu disebut Ferangi, atau Benteng Laha. Tembok tua ini dibina tahun 1575 oleh seorang bangsa Portugis bernama Sanchos Vanconcelos. Konon, di sekitar benteng pernah hidup sekelompok masyarakat yang menjadi cikal bakal orang asli Kota Ambon. Kelompok masyarakat yang dikenal saat itu dan masih ada hingga kini ialah masyarakat daerah Soa Ema, Soa Kilang, Soa Silale, Hative, dan Urimessing.
Beralih ke masa penyebaran Islam, wisatawan juga bisa berkunjung ke Desa Batumerah. Ditempat ini ada Masjid An Nur Batumerah yang menjadi saksi bisu penyebaran Islam.
Atraksi wisata lainnya ada di Desa Tawiri dekat Bandara Pattimura. Bisa dilihat monumen untuk mengingat kegigihan tentara Australia yang melawan serdadu Jepang pada 1942. Serdadu Jepang akhirnya masuk ke Ambon setelah menguasai Morotai dan Misool. Sebagai informasi, Morotai dan Misool adalah dua pulau dengan terumbu karang terindah di negeri ini.
Berjalan-jalan di kitaran Kota Ambon tidak akan membosankan bila Patung Pattimura di Lapangan Merdeka, Patung Martha Christina Tiahahu di Karang Panjang, Tugu Dolan di Kudamati, dan Tugu Trikora di Urimesing juga bisa dikunjungi. Ada pula Patung Missionaries Franciscus Xaverius di Batumeja, Monumen Rumphius di Batumeja, Museum Siwalima di Taman Makmur, Pantai Namalatu di Latuhalat, Natsepa Indah Beach di Natsepa, Pantai Santai di Latuhalat, Pintu Kota di Airlow, Gong Perdamaian Dunia (World Peace Gong), dan Goa V.O.C. Bunker di Benteng Atas.


0 comments:

Post a Comment

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik selec profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu dan publish
Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, jangan kirim SPAM ya..

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management