Tuesday, December 13, 2011

Tugas SERIAL PORT

I. JUDUL PERCOBAAN :

SERIAL INTERFACE

II. TUJUAN PERCOBAAN :

Untuk mengenal modul serial port dan mempelajari konfigurasi input dan output dari serial port

III. DASAR TEORI :

Dalam serial port, kita akan mempelajari cara membuka port dari PC ke Device modul serial dan sebaliknya. Dalam serial , kta hanya mempunyai kesempatan satu kali dalam membuka port. Modul serial hanya dapat membuka port lalu memasukan data, sesuda data selesai terkirim maka port akan langsung tertutup.

IV. ALAT DAN BAHAN :

1. Modul Serial port
2. 16 – Channel Input Board
3. 16 – Channel Output Board

V. PROSEDUR PERCOBAAN :

1. Membuka Port Serial dengan Visual Basic :
Dalam percobaan ini kita mencoba menggunakan VB untuk melakukan pembukaan port dengan melakukan pemogramming pada VB. Pada serial kita hanya dapat membuka port sekali saja, bila port dibuka ulang maka akan ada tampilan pesan yang menyebutkan port error, karena port yang ada sudah terbuka. Dengan terbukanya port dapat kita lihat buktinya pada LED DO pada modul mati
Tampilkan serial bentuk Comm port dengan mengklick kanan pada toolbar disamping dan pilih menu component kemudian carilah perintah Microsoft Comm Control 6.0, klick kotak disamping kiri lalu klik ok.
Maka lambang CommPort akan tampil di toolbar samping kiri .
Jika kita sudah berhasil menambahkan komponen ini, maka secara langsung VB akan langsung mengenali perintah yang ada yaitu MsComm. Karena perintah MsComm akan berfungsi sebagai pembuka port maka komponen ini merupakan komponen yang berperan penting dalam serial .
2. Simulasi serial dengan Visual Basic :
Membuat program simulasi serial dengan kondisi sebagai berikut ada 3 push button yang masing-masing mewakili DTR,RTS dan TxD dan tiga buah button itu ditekan maka warna lingkaran yang mewakili push button tersebut akan berubah warna .




VI. HASIL PERCOBAAN :

 Dalam percobaan Serial port ,dengan menjalankan perintah pada Visual Basic sesuai dengan prosedur yang ada kita dapat mengetahui cara opent port pada system serial.pada system serial,open port hanya dapat melakukan sekali saja jika dibuka lebih dari satu kali maka akan muncul pesan port error.
 Visual Basic akan langsung mengenali perintah yang ada yaitu Ms Comm.karena perinta Ms Comm akan berfungsi sebagai pembuka port maka komponen ini merupakan komponen yang berperan penting dalam serial.

VII. ANALISIS SEMENTARA :

 Visual basic digunakan juga untuk pemograman System serial/Opent port
 Modul serial hanya dapat membuka port lalu memasukan data,sesudah data selesai terkirim maka port akan langgsung tertutup.
 Apabila port dibuka lebih dari sekali maka akan ada tampilan pesan yang menyebutkan port error karena port yang ada sudah terbuka.

VIII. KESIMPULAN :

Pada system serial,Open port hanya dapat dilakukan sekali saja.

0 comments:

Post a Comment

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik selec profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu dan publish
Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, jangan kirim SPAM ya..

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management